Kaliagung Mendapatkan Bantuan Seperangkat Gamelan

Jum`at, 4 Januari 2019 16:00:59 - Oleh : antaranew.com

Serah Terima Gamelan di Taman Budaya

Kaliagung Mendapatkan Bantuan Seperangkat Gamelan

Pembentukan Pengurus Baru LPMD Masa Bakti 2019-2024

Warga Kaliwilut Cor Beton Jalan bersama Koramil Sentolo

Launching Kampung KB Pedukuhan Kemiri dan Deklarasi STBM Desa Kaliagung

Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai Desa Kaliagung

Kulon Progo-Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memberikan bantuan seperangkat gamelan kepada delapan dari 21 rintisan desa budaya yang menggunakan dana keistimewaan sebesar Rp430,3 juta.

"Masing-masing rintisan desa budaya akan mendapat seperangkat gamelan Slendro Pelog yang terdiri dari kendang, saron, bonang, gong, gender dan sejenisnya. Satu perangkat gamelan yang harganya berkisar Rp53,7 juta akan diberikan pada akhir 2018," kata Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Kulon Progo Untung Waluyo di Kulon Progo, Kamis (13/12/2018).

Adapun delapan rintisan desa budaya yang akan diberikan bantuan seperangkat gamelan, yakni Desa Tirtorahayu, Kecamatan Galur; Desa Gerbosari (Samigaluh), Desa Kaliagung (Sentolo), Desa Gulurejo (Lendah), Desa Jatisarono (Nanggulan), Desa Banjararum (Kalibawang), Desa Kaligintung (Temon) dan Desa Purwosari (Girimulyo).

"Sebanyak 13 desa rintisan desa budaya lainnya yang belum mendapat bantuan, akan mendapat bantuan secara bertahap. Disbud mengusulkan bantuan diberikan pada 2019," kata Untung.

Ia mengatakan tujuan bantuan seperangkat gamelan jnj dalam rangka menunjang desa rintisan budaya dalam mempersiapkan dampak kunjungan wisatawan dengan adanya New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA).

"Adanya bandara dimungkinkan akan berdampak pada desa rintisan budaya yang menjadi tujuan wisatawan. Sehingga untuk menujang hal itu perlu adanya fasilitas seperti ini, biar wisatawan tahu tentang kesenian jawa khususnya karawitan," katanya.

Namun demikian, ia mengatakan bantuan seperangkat gamelan sifatnya pinjam pakai. Ia berharap masyarakat dapat menggunakan semaksimal mungkin untuk mengembangkan kesenian.

"Kami berharap bantuan gamelan ini menjadi media pelestarian seni budaya di masyarakat," harap Untung.  (Antaranews Jogja) 

« Kembali | Kirim | Versi cetak